Voice Of Merta Mupu

Voice Of Merta Mupu : Cerita Tak Tertata

Motivasi Menulis

Channel Youtube

Ternyata Ada Pis Bolong Empet

Sejak jaman old hingga jaman now yang namanya pis bolong pastilah bolong atau berlubang, umumnya bertuliskan aksara China. Pis bolong ini merupakan pengaruh budaya China di Bali terutama di bidang perdagangan. Saking besarnya pengaruh China hingga alat pembayaran menggunakan koin bertuliskan aksara China. Menurut sebuah penelitian ternyata pis bolong tidak hanya bertuliskan aksara China, melainkan juga ada bertuliskan aksara Korea. Hingga sekarang pis bolong ini masih dipakai sarana upacara karena kandungannya panca datu: emas, perak, perunggu, besi, baja, mirah. Beberapa pis bolong ini memiliki nilai magis seperti pis Rejuna untuk memikat wanita, pis Kresna untuk wibawa agar saat bicara dihargai karena bijaksana. Ada pula pis bolong yang bertuliskan aksara Bali yang disakralkan seperti aksara Panca Brahma. Nah, kemarin saya kepica pis bolong empet. Ceritanya saya berada di utara rumah di tempat keramat sekira setengah kilo dari rumah. Disana saya bersama bapak menghancurkan bebatuan dekat palinggih. Di bawah palinggih di antara bebatuan hancur itu saya menemukan pis bolong, tapi uniknya pis bolong ini tidak berlubang, pis bolong empet. 'Ternyata ada pis bolong empet" kataku dalam hati, merasa heran. Lalu saya mendekati bapak saya, lagi menemukan pis bolong, ternyata pis bolong yang hilang waktu ini (bertuliskan aksara panca brahma). Di sebelah bapakku ada satu keluarga lainnya dan memperhatikan pis bolong tersebut. "Walau pis bolong ini terlihat sederhana tetapi multifungsi dan memiliki kekuatan magis karena waktu ini dipasupati oleh bapakku." Ujarku menjelaskan. Lalu tersadar, ternyata cuma mimpi. Mimpi menemukan pis bolong pertanda buruk, akan sakit luka-luka (berlubang). Tapi dalam konteks ini makna pis bolong empet bermakna ane bolong empet: yang berlubang ditutup. Maksud mimpi ini keluarga saya disuruh menutup pintu dapur yang menghadap ke kamulan berdekatan; pintu numbak kamulan. Pintu salah konsep. Waktu dibuat oleh tukangnya sempat memperdebatkannya, tapi kata bapakku tak apa-apa. Eh beberapa waktu lalu sampai tiga kali mimpi ada jalan numbak umah guru P. Maksudnya jelanan (pintu) numbah umah bhatara hyang guru (kamulan).
Labels: catatan harian, Mimpi

Thanks for reading Ternyata Ada Pis Bolong Empet. Please share...!

0 Komentar untuk "Ternyata Ada Pis Bolong Empet"
Back To Top